Posted on: June 8th, 2016

JENIS-JENIS SABLON

Dalam dunia clothing, rasanya sablon merupakan suatu hal yang tidak asing lagi. Bahkan, nilai jual kaos bisa dinilai berdasarkan sablon yang digunakan. Kali ini kami hadirkan ulasan singkat mengenai jenis-jenis sablon. Sebagai informasi, Semua kain yang kami produksi bisa dilakukan semua jenis sablon di bawah ini termasuk discharge dan pigment.

Sablon Rubber yaitu cat sablon yang sifatnya menumpang dan menutupi rajutan kain jadi bisa diaplikasikan untuk bahan kaos berwarna gelap maupun terang. Biasa disebut sablon GL karena teksturnya berupa karet.

Sablon Pigment yaitu cat sablon yang sifatnya menyerap kedalam kain. Sablon jenis ini biasanya digunakan untuk kain berwarna terang dan kurang bagus hasilnya pada bahan gelap.

Sablon Superwhite (SW) sama dengan sablon pigment bersifat menyerap kedalam kain, sablon ini digunakan untuk jenis bahan kaos gelap.

Sablon Glossy effect (coating) yaitu sablon yang ditambah dengan satu lapisan coating yang akan memberikan efek mengkilat pada cat. Dengan teknik coating sablon, akan bertahan lebih lama dan awet.

Sablon Gliter yaitu cat sablon yang menggunakan tinta berupa campuran serbuk mengkilat, ada yang halus dan ada yang kasar. Dapat menghasilkan efek sablon mengkilat jika terkena sinar. Sablon ini juga dapat dicampur dengan sablon Plastisol. Biasanya jenis sablon ini disukai para cewek-cewek.

Sablon Foam yaitu cat sablon yang timbul berbahan dasar karet. Bisa dicampur dengan sablon Rubber atau Plastisol.

Sablon Foil yaitu jenis sablon yang menggunakan lapisan kertas berbahan logam yang ditempelkan diatas dengan lem khusus.

Sablon Flocking sama dengan sablon Foil yang ditempelkan diatas dengan lem khusus namun dari bahan beludru sehingga akan menghasilkan hasil sablon seperti beludru.

Sablon Plastisol yaitu cat sablon berbahan dasar minyak, mampu mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil yang maksimal. Butuh invest yg banyak untuk menggunakan cat ini karena proses mengeringkannya membutuhkan sinar infra merah.

Sablon Glow in The Dark sesuai nama, sablon jenis ini dapat menyala ditempat yang gelap. Cat sablon ini juga bisa dicampur dengan jenis Rubber, Pigment atau Plastisol.

Sablon Reflektif kebalikan dari Glow in The Dark, cat sablon yang akan menyala jika kaos disinari oleh sumber cahaya. Jenis cat ini juga bisa dicampur dengan Rubber, Pigment atau Plastisol.

Sablon High Density yaitu cat sablon dengan bahan dasar Plastisol yang timbul dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi.

Sablon Discharge yaitu cat sablon dengan kemampuan menipiskan / menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

Sablon Aspal yaitu sablon yang menggunakan cat Plastisol yang dicetak diatas kain dengan teknik khusus sehingga akan menghasilkan tekstur yang unik bisa benar-benar seperti aspal.

 

Untuk hasil sablon yang sudah jadi, silahkan kunjungi outlet kami yang beralamat di:

Mulia Sejati FO di Jl. Trs Pasirkoja no 311-315. Bandung

Related News

Perbedaan dari Cotton Combed 20s, 24s, 30s, dan 40s?

Pada saat mulai memilih kaos polos, Anda akan sering dihadapkan pada istilah Cotton Combed 20s, 24s, 30s, atau 40s. Apa arti angka-angka tersebut? Secara umum, semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud. Walaupun demikian, tidak ada standar yang pasti di antara para produsen bahan katun, sehingga istilah 20s dari produsen A bisa berbeda […]

Read More

Macam-macam Bahan Kain Kaos

Kain-kain yang kami jelaskan di bawah ini, umumnya digunakan untuk kaos tipe T-shirt (kaos oblong), Untuk kaos tipe polo shirt/ Berkerah biasanya digunakan kain rajutan cotton pique / lacoste. Untuk jenis jaket (jaket, jumper, cardigan, ataupun hoodie) biasanya digunakan bahan fleece. Jika anda mengutamakan kenyamanan ketika pemakaian utamakan memilih bahan yang asli 100% katun. KATUN […]

Read More