Posted on: September 14th, 2016

Perbedaan dari Cotton Combed 20s, 24s, 30s, dan 40s?

Pada saat mulai memilih kaos polos, Anda akan sering dihadapkan pada istilah Cotton Combed 20s, 24s, 30s, atau 40s. Apa arti angka-angka tersebut?

Secara umum, semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud. Walaupun demikian, tidak ada standar yang pasti di antara para produsen bahan katun, sehingga istilah 20s dari produsen A bisa berbeda ketebalannya dengan bahan 20s dari produsen yang lain.

Angka 20, 24, 30, dan 40 menunjukkan tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.

Benang 20 biasanya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.

Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2.

Huruf ‘s’ di belakang angka menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos. ‘s’ adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini.

Selain single knit, juga ada double knit atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knit ditandai dengan huruf ‘d’ di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak.

Kaos yang biasanya digunakan untuk bahan sablon kaos distro, umumnya menggunakan bahan kain katun combed 20s dan 30s.

Related News

COTTON BAMBOO

Cotton Bamboo merupakan campuran serat cotton dan serat bamboo, dengan campuran ini maka serat tersebut memiliki kekuatan dan stabilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan degan serat rayon, memiliki pegangan yang lebih lembut jika dibandingkan dengan serat cotton, serta memiliki sifat-sifat khusus yang dibawa oleh serta bamboo diantaranya: Mengandung Anion (ion negative) : ion-ion ini mempunyai […]

Read More

Perbedaan Jaket, Sweater dan Hoodie

Ketahui Apa Saja Perbedaan Jaket, Sweater Dan Hoodie Sering sekali diantara kita yang salah tanggap tentang sebutan akan jaket ini dan terkadang ada juga yang tidak bisa membedakan apa yang di namakan dengan jaket,sweater dan hoodie. Memang kalau kita lihat dari kegunaannya ketiga jenis pakaian tersebut hampir sama yaitu sebagai pakaian penghangat atau pakaian kedua […]

Read More